Biaya Kegiatan: Orangtua [Rp. 130.000,-/hari dan Anak-anak [Rp. 120.000,-/hari; 3 kali makan, 2 kali snack, aula, kamar, ruang doa, lapangan outdoor

Selasa, 05 April 2011

Tantangan Yang Mendewasakan Pemimpin

Pemimpin dalam kodrat kehidupannya , harus memikul banyak beban dan tanggung jawab kehidupan, maka kita kemudian selalu menemukan salah cirri dari pertumbuhan kepemimpinan seseorang adalah tantangan tantangan kehidupan yang berhasil ditaklukkannya yang memiliki fungsi mendewasakan kemampuannya dalam memimpin. .Ma
salah masalah itu merentang dari persoalan persoalan keluarga sang pemimpin , lingkngan masyarakat dimana dia tinggal , institusi yang dipimpinnnya serta lingkungan social dari institusinya. Seorang pemimpin mengalami pertumbuhan pada kemampuan kepemimpinannya seiring dengan kemampuannya dalam mememahami dan menyelesaikan persoalan persoaln dan tantangan tantangan yang muncul dari semua lini kehidupannya .

Tantangan Keluarga
Seorang pemimpin karena keberadaannya terutama untuk mewujudkan visi institusinya , ia kan menghadapi tantangan yang pertama berasal dari dalam keluarganya sendiri.Yang saya maksud adalah ia akan tertantang untuk tetap punya waktu untuk terus memberikan perhatian , kasih sayang , perlindungan , serta segenap upaya untuk dapat menumbuhkembangkan keluarganya..Sementara ia umumnya memiliki hanya sedikit waktu untuk kelurganya jika tidak pandai pandai mengatur waktu kerjanya.

Tantangan Institusi
Seperti pada tulisan tulisan saya terdahulu tentang fungsi pemimpin , karena ia harus bisa merintiskan atau menggagaskan visi kerja bagi institusinya , menyelaraskan orang orangnya agar mau dan sanggup bekerja mewujudkan visi itu , memberdayakan orang orangnya agar selalu mengalami pertumbuhan kualitas serta menempatkan diri sebagai figur yang layak ditiru semua sisi kepribadiannya , maka ia akan menghadapi banyak tantangan dari dalam institusinya. Penolakan , penentangan , protes ,atau aksi boikot mungkin saja akan ia alami .

Tantangan Lingkungan
Bisa saja keluarga dan institusinya dapat dia kendalikan , karena ia piawai memimpin . Tapi ia masih akan berhadapan dengan tantangan dari ligkungan tempat dimana keluarganya berada dan dari linkungan kerja institusinya .
Tantangan – tantangan itu sesuatu yang sudah pasti terjadi dan tidak mungkin dihindari .Disinilah ia harus menyadari bahwa tantangan tantangan itu adalah bagian dari fase kehidupan yang berfungsi mendewasakan dirinya dan kemampuan kepemimpinannya.Begitupun saya dan anda jika memimpin
Agar semakin dewasa ketika tantangan itu datang , maka sebagai pemimpin saya dan anda setidak tidaknya harus melakukan 3 hal mendasar berikut :

1.Menjaga dan Meningkatkan mutu komitmen kepada paktek dan prilaku unggul..
Mengapa ini diperlukan ? Dalam situasi normal hanya kebiasaan kebiasaan unggul yang bisa menjadi senjata dan modal bagi siapapun untuk dapat mengukir prestasi.Apa lagi dalam situasi kehidupan yang penuh dengan badai tantangan , ia harus lebih meningkatkan komitmennya untuk terus memperlihatkan prilaku unggul

2.Selalu mengikuti prinsip prinsip kebenaran abadi .
Saya dan Anda selalu membutuhkan keterarahan atau keterbimbingan dalam hidup ini.Pertama , sumber keterarahan dan keterbimbingan itu berasal dari hati nurani anda. Ini jika hatinurani anda selalu terjaga kebersihan dan kesuciannya. Dan kedua sumber keterarahan dan keterbimbingan itu berasal dari nilai nilai kebenaran yang berasal dari Tuhan , yang tentu saja ini bersifat absolut. Dan semua itu terkodifikasi dalam kitab suci-Nya.

3.Berpasrah maksimal setelah berikhtiyar maksimal.
Jika anda jeli , anda akan sadar bahwa kemampuan kontrol anda dalam hidup ini dibatasi oleh ilmu , keahlian , pengalaman serta sumber daya yang anda miliki. Ada saat dimana hidup ini bisa anda kontrol dengan segenap ilmu , keahlian , pengalaman serta sumber daya yang anda miliki iti . Tetapi ada saat sebaliknya .
Fungsi kepasrahan ini adalah memberi pertahanan ruhani yang kuat bagi anda. Jika anda berhasil anda tidak akan lupa diri , jumawa , pongah , takabur dan sombong .Sebab anda meyakini bahwa keberhasilan adalah anugrah Tuhan kepada hamba-Nya yang mau berikhtiyar sebagaiman dikehendaki-Nya. Sementara jika anda gagal kepasrahan itu memberi anda kekuatan untuk terus berharap hingga sukses ditakdirkan-Nya sampai kehadapan anda.

sumber: http://trustcosurabaya.com/tantangan-yang-mendewasakan-pemimpin.html 

Tidak ada komentar: